Minggu, 01 Maret 2009

Tips Menyelamatkan Data yang Cepat - Tidak Repot





Kerusakan Hard Disk

Secara umum, hard disk apapun mereknya dapat rusak! yang akan mengakibatkan potensi hilangnya data, sebenarnya disebabkan oleh:

1. Firmware Rusak / Zona firmware tidak dikenal
2. Kegagalan elektronik /kosleting
3. Kegagalan mekanis / fisik
4. Kerusakan Logikal

Kombinasi dari empat jenis penyebab kegagalan / kerusakan hard disk juga sangat mungkin. Apakah data - data pada hard disk juga dapat dipulihkan atau tidak tergantung kondisi k disk dan bagaimana kerusakan yang buruk. Perlu diketahui bahwa seiring waktu, semua harddisk akan mengembangkan pembacaan. Pembacaan sector / cluster yang buruk yang dapat mengakibatkan hilangnya / rusaknya data.

1. Firmware Korup / Rusak firmware ke zona

Penjelasan : Hard disk firmware adalah perangkat lunak yang berupa kode kontrol, dan sudah tertanam dalam fisik harddisk. Jika firmware dari hard disk menjadi rusak atau tidak terbaca komputer ini sering tidak dapat berinteraksi dengan baik dengan hard disk. Sering data pada disk dapat diselamatkan kembali setelah drive telah diperbaiki dan Firmware diprogram ulang.

Cara mendiagnosa: Common Gejala

* Hard disk yang akan dipakai, langsung minta F1, ada pesan "Primary Master /Secondary Master Error. Press Any Key". Karena sudah tidak dikenal oleh BIOS komputer
* Hard disk yang akan spin up & saat booting dapat dikenal benar benar oleh BIOS komputer tampa ada pesan, tetapi kemudian akan tidak terdetek oleh system.

Tindakan anda untuk Penyelamatan Data

* Memulihkan data dari hard drive dengan kerusakan firmware level / berat, kegagalan pengenalan BIOS komputer memerlukan pemograman ulang / manipulasi dari harddisk. Adalah tidak mungkin bagi sebagian orang melakukannya, toko komputer sekalipun dapat melakukan ini. Diperlukan pengalaman dan keahlian khusus melakukannya.
Terjadi pada hard disk :
* Hard disk Maxtor.
* Western Digital hard disk drive
* Fujitsu hard disk drive
* Informasi lebih lanjut tentang apa harddisk firmware sebenarnya adalah bagaimana dan bekerja

Apa penyebab kerusakan firmware? Kami percaya bahwa salah satu penyebab kerusakan pada firmware, disebabkan pada zona drive modern. Salah satunya adalah penggunaan teknologi peluru (fire ball). Pada hard disk bermerk Maxtor, kegagalan dari jenis ini akan muncul drive tiba-tiba mati dan tidak diakui oleh BIOS komputer. BIOS akan membaca kegagalan sebagai Maxtor Athena, ARES C64, N40P, dan lain-lain dengan suara agak aneh. Kemudian muncul tulisan Primary / Sekundary Master Failure.

2. Kegagalan pada sirkuit elektronik

Penjelasan: Kegagalan sirkuit elektronik, biasanya berkaitan dengan masalah pada jalur rangkaian elektronik harddisk. Kerusakan sering terjadsi, mulai dari komponen dioda zener, dioda kristal, kapasitor keramik, kapasitor elco, kristal frekuensi, panel data, bahkan rangkaian IC / Chip. hard disk komputer yang menderita spike kejutan arus/tegangan listrik listrik. Akan mengakibatkan koslet/terbakar pada rangkaian elektronik (dioda zener, dioda kristal, kapasitor keramik, kapasitor elco, kristal frekuensi, panel data, bahkan rangkaian IC / Chip hard disk (baik di dalam /luar hard drive). Sehingga tidak dikenal lagi oleh BIOS. Umumnya disebabkan tegangan listrik (AC) atau arus listrik (Amper) yang tidak stabil masuk ke hard disk.

kerusakan Rangkaian listrik - Cara mendiagnosa dengan gejala-gejala :
*
Piringan hard disk tiba - tiba berputar-putar tidak stabil. Atau bahkan hard disk tiba-tiba mati & tidak dikenal lagi oleh komputer.


Hampir semua terjadi pada semua merek hard disk! kegagalan dapat terjadi pada semua rangkaian elektronik untuk semua jenis/merk harddisk. Dulu-dulu sering terjadi pada hard disk Quantum Fireball. Apalagi saat ini. Untuk hard disk model SATA sangat rentan terhadap kereusakan akibat kejutan listrik yang tiba-tiba!!! Sehingga menyebabkan satu chip/komponen lainnya pada kontroller di board (di dalam/luar ikut rusak/terbakar. Biasanya, data-data pada hard disk tidak menderita kerusakan. Tetapi tidak jarang justru ikut rusak juga. Dan pemulihan data 80-100% adalah mungkin. Jika anda tidak memiliki pengalaman, atau pengetahuan ilmu elektonika arus lemah. Jangan coba-coba diutak-atik. Justru data-data penting didalamnya adan rusak alias tidak dapat diselamatkan lagi! Sebaiknya serahkan pada yang benar-benar ahli dan berpengalaman.

3. Kegagalan atau kerusakan mekanis / mekanik hard disk (motor, drive head, spool magnetik, kontroler disk, dll.)

Teknologi pembacaan hard disk semakin cepat. Yang jelas, mekanik hard disk akan terus berubah dan berkembang! Semakin cepat pembacaan data pada piringan hard dsik, semakin cepat resiko akan rusaknya mekanik hard disk. Seperti halnya teknologi hard disk SATA yang sangat cepat pembacaan datanya, pola mekanisnya akan terus berubah, umumnya semakin tidak tahan goncangan / panas dan mudah berubah.

Kegagalan mekanis dan cara mendiagnosa:

* Pada saat power komputer dinyalakan, hard drive akan segera mulai membuat bunyi ticking / knocking down secara teratur, seperti suara benda jatuh.

Memulihkan atau menyelamatkan data-data dari hard drive dengan kerusakan mekanik ruangan / kamar yang bersih. Sebagian komponen hard disk harus diperbaiki dan diperbaiki dengan tingkat ketelitian tinggi.Juga memerlukan alat bantu khusus dalam membongkar, pasang ulang dan memperbaiki mekanik hard disk. Juga diperlukan software sangat khusus dalam memperbaikinya.

Peringatan Keras! Jangan tergoda untuk membuka harddisk anda jika mencurigai adanya kesalahan atu kerusakn mekanis! Yang akan terjadi anda akan melakukan kesalahan - kesalahan tertentu. Fatal akibatnya! Anda akan menghancurkan semua kesempatan dalam memulihkan atau menyelamatkan data.

4. Kerusakan / kegagalan Logical hard disk.

Hal termudah dan paling sulit (gampang-gampang susah) untuk menangani masalah-masalah seperti ini. Kesalahan logikal hard dsik dapat mulai dari hal-hal sederhana. Misalnya adalah kerusakan pada MBR, FAT dan track O. Terjadi karena proses pembacaan hard disk berantakan. Umumnya disebabkan virus.
Untuk memperbaikinya diperlukan program khusus / software maupun hardware, yang benar-benar dapat mengingat lagi pembacaan head hard disk yang benar, yang dikenal operating system. Jika salah penggunaan tools tertentu, apalagi yang didapat/download gratisan, justru akan merusak data-data! Jangan ceroboh.Sebaliknya konsultasi lagi pada pada pakarnya. Ada pernah kasus. Sebuah hard disk terserang virus tertuntu. Sehingga logical partisinya rusak / tidak dikenal. Sering ditemukan, karena penasaran. Coba - coba memakai beberapa program gratisan untuk memperbaikinya. Ternyata hasilnya, logical /partisi drive sudah benar diperbaiki. Tetapi justru data-data di dalamnya rusak fatal! Data - data di dalamnya, semua tidak dapat dibuka, muncul tulisan aneh. Dan sangat sulit memperbaiki data-datanya lagi! Harap berhati-hati. Terima kasih. www.everezta.com Jakarta.

Tidak ada komentar: